4 Cara Mengetahui Media Sosial Mana yang Cocok Untuk Bisnismu

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on linkedin

Bagaimana cara mengetahui media sosial mana yang cocok untuk bisnismu?

Sekarang, jumlah social media terus bertambah nggak cuma ada Facebook dan Twitter saja. Jadi, kalau harus memilih mana yang paling pas gimana caranya?

1. Apa Jenis Bisnisnya dan Siapa Target Pasar?

Pertama, Teman desty tentu harus tahu betul seluk-beluk bisnis yang dijalani. Terus, dari bisnis itu target pasarnya siapa, orang yang seperti apa? Analisis dulu hal tersebut, baru bisa menentukan sosmed mana yang cocok.

Kalau belum tahu, dan langsung buat akun, takutnya nanti nggak bisa maksimal.

2. Kebanyakan Konsumen Punya Sosial Media Apa?

Kalau tahu jenis bisnis dan target pasar pasti tahu betul siapa saja konsumennya. Dengan begini Teman desty bisa mulai mencari tahu, kira-kira apa sosial media yang dipakai konsumen.

Pastinya nggak dicari satu per satu ya, tapi bisa diamati dari kebiasaannya. Contohnya kalau usia sekian itu biasanya aktif di media apa, kalau yang suka A di sosial media apa.

Buat poin ini memang agak sulit, tapi masih ada poin-poin di bawah yang bisa membantu.

3. Bagaimana Caramu Ingin Mempromosikan Produk?

Bagaimana caramu mau mempromosikan usaha atau bisnis? Tiap social media punya ciri khasnya masing-masing, contohnya kayak sosial media :

  • Twitter, disini lebih ke obrolan atau opini
  • Pinterest, orang-orang lebih sering post gambar tapi yang ke arah art dan penggunanya kebanyakan orang dewasa
  • Instagram, buat Instagram kekuatannya di visual, kalau pengen lebih ke arah foto atau video cocok
  • Google+, kalau bisnis sasarannya luar negeri dan bidang mesin atau software, bakalan cocok
  • TikTok, kalau mau mempromosikan bisnis buat kalangan muda dengan konten seru.

Dari social media di atas, model promosi bisnismu mau dibuat ke arah mana?.

3. Sejauh Mana Sosial Media Mau Dipakai?

Fungsi sosial media bukan cuma buat promosi, sebagian perusahaan juga memanfaatkannya buat customer service.

Untuk customer service sendiri kebanyakan memang lebih memilih Twitter. Biarpun nggak terlalu aktif di Twitter untuk konten promosi, tapi kalau CS pasti kebanyakan disana.

Ada beberapa alasan yang membuat kebanyakan memilih layanan CS di Twitter, seperti :

  • Interaksi bisa lebih personal lewat DM
  • Mana komplain yang belum terjawab bisa terlihat dengan mudah
  • Interaksi yang terjadi secara real time
  • Jumlah karakter di Twitter dibatasi, jadi pertanyaan atau respon langsung pada inti
  • Bisa mencari tahu pertanyaan yang mirip sudah pernah dijawab atau belum
  • Riwayat pertanyaan dan jawaban akan selalu ada

Apabila dilihat dari poin-poin di atas, untuk CS memang Twitter sangat baik. Tapi, kalau konten promosi lebih ingin ke visual seperti gambar atau video bagaimana?

Punya dua media yang aktif untuk sebuah bisnis nggak masalah.

Dari cara mengetahui media mana yang cocok untuk bisnismu di atas, silahkan diruntut dari atas, ya.

Tahu betul bisnis apa yang dijalani dan siapa targetnya sangat penting bukan cuma untuk memilih media sosial.

Kategori

Kategori

Topik

Topik

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on linkedin
Artikel lainnya
Bisnis

Apa sih Buyer Persona dan Bagaimana Cara Membangunnya

Marketing

Pentingnya WA Blast Dalam Strategi WhatsApp Marketing

Marketing

Pentingnya WA Broadcast Dalam Strategi WhatsApp Marketing

Bisnis

Mau Sukses? Perhatikan 5 Kunci Strategi Marketing Business ala desty

Desty Store

Buka toko dan belanja online di desty store

Buka toko baru, belanja online, kembangin bisnis, semuanya gampang pakai Desty!​

Mulai bangun bisnis online kamu di Desty

Dapatkan tips, informasi, dan inspirasi bisnis, marketing, juga media sosial GRATIS dari Desty Academy.

Mulai bangun bisnis online kamu di Desty

Dapatkan tips, informasi, dan inspirasi bisnis, marketing, juga media sosial GRATIS dari Desty Academy.

Mulai bangun bisnis online kamu di Desty

Dapatkan tips, informasi, dan inspirasi bisnis, marketing, juga media sosial GRATIS dari Desty Academy.

Bikin bisnis makin laris di Desty